Minggu, 31 Agustus 2014

Simpoa-Olympian Shoes-(van de Firma Dayshin 1930-40an) -SOLD-
















Simpoa Kayu dari Jati berukuran 11-cm x 33-cm dengan kondisi seadanya. Simpoa ini Peninggalan salah satu Toko (Firma/Trading company) Jepang yang tercatat sudah sejak  tahun 1931  berniaga di Pulau Jawa (lihat keterangan pada Poster di http://www.cardcow.com/243747/olympian-shoes-art-advertising-reproductions/ ) tampaknya "Van de Firma Dayshin"  sebagai Traiding bukan saja memasarkan Sepatu merk Olympian tapi juga macam-macam keperluan seperti salah satu iklan dibawah ini : "Cat Enamel Tjap Ajam." 


Beberapa teman meyakini "Lampu Ayam" yang jumlahnya cukup banyak dengan Kap lampunya yang bila diperhatikan , berbeda bahan dan model khasnya (walau tetap keeropa-eropaan ) masuk ke Indonesia jauh sebelum Jepang Menjajah Indonesia melalui Firma ini... waullahualam.

Tidak seperti lazimnya Peralatan Kayu masa itu, walau tetap menggunakan sambungan "ekor burung" tapi sudah menngunakan besi sebagai pengganti pasak. Seperti Paku tapi segi empat dan tertanam. ( tanda panah pada gambar ) Kondisi seadanya , tiga butir anak hitungnya serta beberapa bagian ada yang gripis. 


-SOLD-