Minggu, 18 November 2012

Junghans Mini Tjong & Co for Repair-SOLD








Junghans Kecil 2 Lubang Ukuran Tinggi box hanya +/- 45-cm saja. (sampai Mahkota Atasnya) Perlu Perbaikan agar dapat berfungsi Normal, Jarum Panjang nya selalu berputar bila kunci digunakan. Yang saya lihat Satu buah Bosh Komponennya Loncer sehingga tidak dapat menahan putaran Pernya,  perlu perbaikan ( gambar no 4 dari atas ).
.
Junghans Kecil ini terbilang cukup  Lengkap dan orisinil, box nya terbuat dari kayu Jati Blanda, di bagian dalam pintunya terdapat peneng ( gambar paling bawah ) dengan tulisan Embose " Original Junghans" . pada bagian dalamnya terdapat Cap "Tjong & Co" "Sawah Besar - BATAVIA". Dial atau Plat Jam ini terbuat dari Mika Lama dengan dua buah ring masih lengkap pada sekeliling lubang pemutarnya. Anak kunci jam ini Asli bawaannya tapi dengan kondisi seperti tampak digambar atas . Kotak Kayu jam ini terlihat pernah di restore "cara rumahan" sehingga beberapa paku terlihat bertumpuk.
.
Pada Plat Mesin bagian belakang terdapat tulisan " W202 J-Wurttenberg" Produksi bulan Agustus 1932. Pada box kayu bagian belakang juga terdapat sederet stempel angka yang kemungkinan besar adalah kode Tanggal Produksi ( assembling ) 6 Desember 1932.
 .
Tjong & Co Batavia  Adalah bagian dari sejarah Horology kita, seperti juga Van Arcken & co, Fonteyn & co Djokja, ataupun juga Maurice Wolf & Co di Soerabaia, . Tidak banyak literatur resmi yang ada mengenainya saat ini, selain bahwa Tjong & co adalah Importir dan Pemasar Junghans di Batavia ( terakhir juga merk Hima ) .Firma ini terakhir juga memproduksi sendiri sebagian box serta Dial  jam-jam yang dipasarkannya di dalam Negri.


-SOLD-