Minggu, 03 Juli 2011

Telephone (06) -Ericsson Magneto 1920-an - SOLD


Ini Telephone Putar tahun 1920-an merk Ericsson, peninggalan Jawatan Kereta Api di Deli - Sumatra Utara, terlihat dari peneng di bagian depannya "N.V Deli Spoorweg. Mij." suatu perusahaan swasta kolonial Belanda pada waktu itu. (http://haxims.blogspot.com/2009/08/sejarah-kereta-api-di-indonesia.html)
.
Telpon Model Putar ini, sering disebut Ericsson Magneto, umumnya dipakai di Indonesia di Perusahaan Perkebunan, Jawatan Perkereta Api-an dan lain sebagainya. Disebut Magneto karena untuk menggunakannya dipakai sistem generator yang menghasilkan tenaga Magnet, speaker untuk mendengarkannya juga menggunakan sistem Magnet.
.
Bagian tutup atasnya diperkirakan memang terbuat dari kayu karena Ericsson juga membuat beberapa order khusus pada zaman itu, Di-tahun 1919 untuk pesanan Copenhagen Denmark Ericsson membuat seri ini dengan tutup bagian atas dan bawah terbuat dari kayu (http://www.etsy.com/listing/75330872/pauls-lm-ericsson-danish-ac300-1919 ) Tanpa Corong pada bagian untuk bicara, serta tutup pada bagian bawahnya, di tawarkan seperti apa adanya saya dapati.
.
.
- SOLD -